14 May

2015

By / Boskardus

Model Karton Box

Dengan semakin banyaknya model karton box yang berkembang di hampir semua negara, yang dimana setiap negara mengembangkan model karton box yang berbeda-beda. Maka dari itu diperlukan adanya standarisasi istilah agar bentuk atau model karton box bisa dimengerti secara universal oleh semua orang meskipun berada di tempat yang berbeda.

Apalagi dengan semakin berkembangnya sistem jual beli. Misalkan saja sistem jual beli online, maka penggunaan istilah yang bersifat universal sangat mutlak dibutuhkan. Berikut ini ada beberapa jenis / model karton box yang sering digunakan dan sesuai dengan standard ISO.

1. Karton Box Type A1 (Regular Slotted Container)

Karton kardus Type A1
Karton box Type A1

Karton box type A1 adalah model box yang paling umum digunakan dalam berbagai keperluan. Selain model box-nya yang praktis dan mudah untuk digunakan serta didistribusikan, harganya juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan model karton box lainnya. Hal tersebut disebabkan karena model ini lebih mudah dikerjakan secara masal dan tidak membutuhkan pisau / cutter dalam proses produksinya.

Ciri-ciri dari karton box type A1 adalah flap lebar bertemu tepat di tengah-tengah dan biasanya direkatkan dengan isolasi atau lakban.

2. Karton Box Type A2 (Over Flap Slotted Container)

Karton kardus Type A2
Karton box Type A2

Karton box type A2 modelnya hampir sama dengan type A1, perbedaannya hanya terletak pada tutup atau flap-nya. Jika type A1 flap-nya bertemu tepat di tengah-tengah, sedangkan type A2 flap-nya sedikit over atau tumpuk beberapa sentimeter. Model yang ini jarang digunakan, karena dari sisi keunggulan hampir sama dengan A1, tapi harganya lebih mahal karena luas bahan yang dibutuhkan lebih besar.

3. Karton Box Type A3 (Center Special Slotted Container)

Karton kardus Type A3
Karton box Type A3

Karton box type A3 kedua flap-nya bertemu tepat di tengah-tengah, sehingga bagian tepi box tidak lurus seperti halnya karton box type A1. Karena bagian tepinya yang tidak lurus, maka pemotongannya tidak bisa menggunakan pisau slitter yang ada di mesin corrugator tapi dipotong menggunakan cutter. Karton box type ini harganya juga jauh lebih mahal, karena selain bahannya yang dibutuhkan lebih luas dibandingkan dengan type A1, prosesnya juga lebih rumit dan lama.

4. Karton Box Type A5

Karton kardus Type A5
Karton box Type A5

Karton box type A5 sekilas nampak mirip dengan model A1. Bedanya pada saat ditutup, flap-nya lebar penuh samapai dibagian tepi (Tidak bertemu di tengah-tengah seperti type A1). Karton box model seperti ini lebih cocok digunakan untuk box yang ukuran lebarnya kecil.

5. Karton Box Type C1 / C2 Top dan Bottom

Karton kardus Type C1&C2
Karton box Type C1&C2

6. Karton Box Type C3 / C4 Top & Bottom

Karton kardus Type C3&C4
Karton box Type C3&C4

TAGS:

Boskardus