17 Dec

2015

By / Boskardus

Corrugated Carton Box: Jenis dan Bahan Kardus yang Banyak Beredar di Indonesia

Carton box, atau yang lebih umum dikenal di masyarakat sebagai “kardus,” adalah sejenis kemasan hard pack yang terbuat dari bahan kertas. Kardus ini memiliki fungsi utama sebagai kemasan pelindung ekstra bagi produk yang hendak didistribusikan atau dijual agar lebih aman dan terlindungi. Jenis dan bahan kardus yang banyak beredar di Indonesia juga tersedia dalam berbagai macam dan ketebalan yang beragam, dan salah satunya adalah jenis kardus corrufated carton box.

1. Apa Itu Kardus Corrugated Carton Box?

Karton corrugated adalah bahan kemasan atau kardus yang memiliki bagian bergelombang dan terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas corrugated medium. Kardus jenis ini adalah jenis dan bahan kardus yang paling banyak beredar di Indonesia. Adanya lapisan bergelombang inilah yang menjadikan kardus corrugated berbeda dengan kardus lainnya.

2. Tipe Kardus

Dilihat dari ketebalan lapisan pembentuknya, kardus jenis ini dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

1. Single Wall (3 ply) Bahan single wall terdiri dari 3 bagian kertas (3 ply) dengan ketebalan 2 sampai 5 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk mengemas barang elektronik, mainan, makanan, minuman, lapisan pembatas dan lain-lain.

2. Double Wall (5 ply) Bahan double wall terdiri dari 5 bagian kertas (5 ply) dengan ketebalan mencapai 7 mm. Tipe jenis ini biasa digunakan untuk mengemas barang yang sama dengan tipe single wall, hanya saja lapisannya lebih tebal.

3. Triple Wall (7 ply) Bahan triple wall terdiri dari 7 bagian kertas (7 ply) dengan ketebalan mencapai 10 mm. Karena ketebalannya, jenis ini biasa dipakai untuk mengemas barang-barang berat, aktivitas pengiriman, dan ekspor dalam jumlah besar.

3. Bahan Pembuatan

Di dalam pembuatannya, kardus jenis ini membutuhkan bahan kertas dengan jenis bahan dan berat yang berbeda-beda. Menurut jenis kertasnya, bahan kardus ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Kertas Kraft (Kraft Liner) Kertas jenis kraft adalah bahan paling umum yang digunakan sebagai bagian luar (top liner) dan bagian dalam (bottom liner) dari kardus. Kertas kraft memiliki kemampuan lebih kuat dari kertas medium. Karena kekuatannya itulah kertas kraft berfungsi sebagai bursting strenght atau penahan daya jebol pada kardus.

Kertas kraft dibuat dari bahan baku kayu jenis pinus yang memiliki serat memanjang dan diolah menjadi bubur kertas, dengan komposisi 60% pulp + 40% waste (bahan daur ulang kertas) + bahan kimia lainnya. Terdapat 2 jenis kertas kraft yang banyak digunakan, antara lain:

1. Kertas Brown Kraft Kertas kraft jenis ini adalah yang paling sering kita jumpai pada kardus, digunakan sebagai lapisan luar dan dalam pada corrugated sheet. Kertas kraft memberikan perlindungan yang efektif dan permukaannya yang halus bisa menghasilkan kualitas cetak yang baik. Gramatur kertas ini yang umumnya banyak beredar adalah 125, 150, 200, 275, 300 dan 440gsm.

2. Kertas White Kraft Kertas white kraft, atau disebut juga white top, pada dasarnya sama dengan kertas brown kraft, yaitu digunakan untuk top dan bottom liner pada corrugated sheet. Bedanya hanya pada warna bagian permukaannya yang putih dan bagian dalamnya yang cokelat. Gramatur yang umum tersedia untuk kertas white kraft adalah 140, 250, dan 200gsm.

2. Kertas Corrugated Medium Kertas corrugated medium atau fluting medium digunakan sebagai lapisan di bagian dalam kardus atau dipakai sebagai penyekat (lapisan bergelombang) pada corrugated sheet. Kertas ini berfungsi untuk menahan goncangan, getaran, dan tekanan, serta memberikan daya tumpuk yang kuat.

Kertas medium dibuat 100% dari bahan daur ulang (waste) dan memiliki sifat lentur, karena daya lentur inilah medium berfungsi sebagai stacking strength atau daya tumpuk/kelenturan pada kardus. Itulah penjelasan singkat tentang kardus corrugated carton box yang mana merupakan jenis dan bahan kardus yang banyak beredar di Indonesia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.

TAGS:

Boskardus